Salam Amplop, Si mbah hari ini akan memberikan sedikit pengetahuan tentang sistem pelumasan pada kendaraan bermotor khususnya roda 2, karena si mbah sukanya pada motor, bukan mobil. Pelumas pada motor sesuai dengan namanya bertugas melumasi semua komponen motor yang bergerak dan bergesekan, seperti pada mesin, transmisi dan sistem kopling motor yang kebanyakan memakai sistem basah atau terendam oli. Apa saja Fungsi Pelumas selain tugas utamanya melumasi mesin..??
1. Pelumas juga sebagai peredam dan penghantar panas mesin
Pelumas bekerja dan beredar didalam sistem pelumasan mesin motor, disaat pelumas beredar dengan bantuan pompa oli, disaat itulah pelumas membawa panas mesin yang berpusat disilinder kop dan blok silinder ke kalter mesin ataupun melewati oil cooler untuk didinginkan.
2. Pelumas sebagai sil kompresi mesin
Disaat piston melakukan langkah hisap, kompresi, usaha dan buang, ring piston dibantu pelumas mencegah kebocoran kompresi di ruang bakar.
3. Pelumas membentuk lapisan film untuk mengurangi keausan karena gesekan
Di dalam pelumas motor di tambahkan aditif oli yang dapat membentuk lapisan film yang berfungsi mencegah keausan komponen mesin yang diakibatkan karena gesekan. Misalnya didinding silinder mesin.
4. Pelumas sebagai pembersih komponen mesin
Kadangkala pemilik kendaraan yang jarang melakukan penggantian oli membuat komponen mesin terserang karbon yang dihasilkan dari panas mesin. Karena oli atau pelumas juga dibekali dengan aditif sejenis deterjen, maka karbon - karbon yang menempel di komponen mesin dilarutkan oleh oli. Itu juga penyebab mengapa oli motor saat diganti berwarna hitam.
5. Pelumas sebagai pembawa kotoran mesin
Meskipun mesin motor telah dibekali pelumas untuk mengurangi keausan karena gesekan kinerja mesin, tetapi keausan komponen mesin tidak dapat dihindarkan. Sisa keausan mesin yang berupa serbuk logam dibawa pelumas ke kalter mesin dan serbuk logam tersebut tidak dapat beredar ikut pelumas karena terhalang oleh filter oli.
6. Peluamas sebagai anti karat
Sebagian komponen mesin terutama dibagian transmisi dan kopling terbuat dari besi, sehingga jika terkena udara bebas yang bersifat basa akan timbul korosi atau karat, dengan bantuan pelumas atau oli maka korosi pada komponen transmisi dan kopling dapat dicegah.