40 Tahun Suzuki Factory Racing Dah Yoshimura



Waroenk Otomotif-Musim balap 2018 tidak hanya akan melihat tim Yoshimura Suzuki Factory Racing kembali ke jalur untuk mempertahankan MotoAmerica Superbike Championship, juga menandai 40 tahun salah satu kemitraan paling sukses dalam sejarah olahraga.

Pada tahun 1978, Suzuki dan Yoshimura membentuk partenrship  yang menjadikan regu Yoshimura Suzuki Factory Racing masuk pabrik resmi di AMA Pro Road Racing. Ini terbukti merupakan aliansi yang sangat bermanfaat. Dalam 40 tahun balap, Yoshimura Suzuki Factory Racing telah menjadi tim paling sukses yang pernah ada di MotoAmerica AMA Superbike.

Yoshimura Suzuki Factory Racing memenangkan 14 MotoAmerica AMA Superbike Championships dan total 189 kemenangan. Itu membantu memberi Suzuki rekor sepanjang masa untuk MotoAmerica AMA Superbike Championships dan seri menang oleh pabrikan.

Selain kelas Superbike utama, Yoshimura Suzuki Factory Racing juga telah memenangkan banyak kejuaraan kelas pendukung.
Menandai 40 tahun Yoshimura dan Suzuki, tim akan memamerkan livery racebike yang berani dan baru dan akan ada serangkaian peringatan selama musim kejuaraan MotoAmerica 2018.

Suzuki dan Yoshimura
"Balap sepeda motor adalah olahraga yang berorientasi ke depan, tetapi bagus untuk berhenti sejenak dan merenungkan pencapaian besar yang telah dicapai Suzuki dan Yoshimura selama bertahun-tahun," kata Kerry Graeber, Wakil Presiden Penjualan dan Pemasaran Suzuki. “Sangat menyenangkan untuk melihat ke belakang dan menyadari betapa banyak pengendara hebat telah naik di bawah spanduk Suzuki Yoshimura. Dari Wes Cooley, ke Kevin Schwantz, Doug Polen, Jamie James, Scott Russell, Mat Mladin, Ben Spies, Toni Elias, Roger Hayden, dan banyak lagi. Tim telah membangun warisan yang luar biasa dan kami ingin menghormati hubungan yang dimulai 40 tahun yang lalu. ”


Keberhasilan tim benar-benar sebelum tanggal perjanjian resmi kedua perusahaan yang dibuat pada tahun 1978. Tahun sebelum Steve McLaughlin membalap Superbike Yoshimura Suzuki GS750 berbasis untuk kemenangan di Laguna Seca Raceway putaran 1977 AMA Superbike Championship. Ini menandai kemenangan pertama oleh Suzuki di AMA Superbike dan terbukti menjadi benih yang berkembang menjadi kemitraan yang diformalkan pada tahun 1978.


Wes Cooley menjadi Juara AMA Superbike Yoshimura Suzuki pertama pada tahun 1979. Dia mendapat gelar itu pada tahun 1980. Cooley menikmati waktu yang ia miliki bersama tim dan hubungan erat yang ia miliki dengan pendiri tim Hideo "Pops" Yoshimura.

"Saya selalu ingin memberikan segalanya ketika saya mengendarai Pops, karena dia memberikan segalanya untuk saya dan tim," kata Cooley. “Citra ikonik yang ada dalam pikiran saya adalah Pops menggiling pada sebuah cam, mencari untuk mendapatkan setiap ons kekuasaan terakhir dari motor yang dia bangun. Pops mengatur nada untuk perusahaannya dan senang melihat mereka yang mengikuti jejaknya menjalankan tradisi kerja keras dan keahliannya. ”

Jamie James, Mat Mladin, Ben Spies, dan Toni Elias mengikuti jejak Cooley untuk menjadi MotoAmerica AMA Superbike Champions saat berkendara bersama Yoshimura Suzuki.

“Kami beruntung memiliki kemitraan yang sangat baik dengan Suzuki,” kata Don Sakakura dari Yoshimura, Presiden Yoshimura Racing. “Kembali ke hari-hari GS750 dan GS1000 dan sampai hari ini dengan jalur sport GSX-R yang legendaris, Suzuki selalu memberi kami sepeda motor terbaik untuk dibawa ke trek balap.”

Suzuki dan Yoshimura
Yoshimura Suzuki datang dari musim rekor lain. Suzuki GSX-R1000 yang baru dirancang menikmati musim debut yang menakjubkan. Tim hanya mendominasi MotoAmerica Superbike Championship 2017 memenangkan 13 dari 20 putaran dan menyelesaikan pertama dan kedua dalam kejuaraan dengan pengendara Toni Elias dan Roger Hayden.

Tim sedang mempersiapkan pertahanan gelarnya dan HUT ke-40 Yoshimura Suzuki. Musim terbuka di Road Atlanta di Braselton, Georgia, pada 13-15 April.

http://www.cyclenews.com/2018/03/article/suzuki-yoshimura-celebrate-40-year-partnership/