Tips Berkendara Sepeda Motor untuk Wanita


Mengendarai sepeda motor akhir-akhir ini bergeser dari sekedar kebutuhan transportasi menjadi semacam “tren” untuk kaum wanita. Mulai dari jalan-jalan protokol di kota besar sampai ke pelosok kerap dijumpai lady bikers. Namun tidak sedikit di antara mereka yang hanya sekedar paham gas dan rem tanpa dibekali pengetahuan dan tata cara mengendarai sepeda motor yang baik dan aman tidak baik untuk dirinya sendiri maupun pengguna jalan lainnya. Berikut beberapa tips aman untuk pengendara motor wanita.



Helm

Salah satu perlindungan terbaik dan paling aman yang bisa Anda gunakan adalah helm. Tidak hanya memakai, tapi Anda wajib mengenakan helm yang tepat. Pastikan helm tersebut pas dan nyaman di kepala Anda, jangan terlalu sempit atau terlalu longgar. Jangan hanya model yang Anda perhatikan.



Gaya rambut yang tepat

Menjadi seorang wanita, Anda tetap harus memperhatikan penampilan, termasuk rambut. Butuh sedikit waktu untuk menyesuaikan antara gaya rambut yang tepat dengan helm agar tidak mengganggu saat Anda akan menggunakan pelindung kepala. Untuk mengurangi gesekan, Anda bisa menjaga rambut tetap lembab. Berbagai gaya rambut juga tetap bagus asal aman dan nyaman saat Anda memakai helm.






Hindari perhiasan yang menggantung

Aksesoris yang menggantung dan panjang bisa jadi bakal membuat penggunanya terlihat cantik. Namun perangkat tersebut harus dihindari saat Anda akan menggunakan sepeda motor. Aksesoris dimaksud mungkin akan tersangkut saat Anda akan memakai helm atau kala melepasnya. Sebaiknya, simpan dulu di dalam tas sampai Anda menemukan saat yang tepat untuk memasangnya kembali.



Pakaian pelindung

Hindari penggunaan rok pendek dan ketat atau celana pendek dan gunakan celana panjang. Tersedia banyak pilihan desain sarung tangan, jaket dan celana khusus berkendara. Jadi pilihlah yang Anda anggap terbaik.



Buat Anda Terlihat

Camkan bahwa orang atau pengendara lain sulit melihat saat Anda membesut sepeda motor kesayangan. Jadi, buatlah diri Anda bisa terlihat dengan menggunakan riding gear berwarna cerah. Jika Anda kerap berkendara di malam hari, tambahkan reflective strips di helm atau jaket, jangan lupa hidupkan lampu.



Lindungi Kaki

Sandal atau flip flop bukanlah cara terbaik untuk melindungi jari dan kaki saat Anda berpacu di jalan raya. Kaki Anda bisa terpapar panas dan jari kaki yang terbuka beresiko cidera saat Anda memindahkan gigi atau bahkan bisa terpeleset. Sepatu atau boots merupakan peranti yang mampu melindungi kaki dengan baik, jangan lupa cari yang mengadopsi sol karet.



Fokus ke Jalan

Banyak cara yang bisa dilakukan agar perhatian Anda tetap fokus ke kondisi jalan. Mulai dari menghindari penggunaan ponsel, kerap memperhatikan kaca spion, hingga membuat kepala lebih fleksibel dengan sesekali menoleh. Ingat, perasaan alias feeling tidak akan berguna tanpa memanfaatkan peranti keselamatan yang ada di sepeda motor