Lebih unggul mana Radiator, Oil Cooler dan Sirip pendingin

Saat ini semua pabrikan motor berlomba - lomba menawarkan fitur yang ada di motor yang dijualnya, mulai dari fitur keamanan, fitur keselamatan, fitur kenyamanan dan fitur pelengkap mesin seperti halnya bagian pendingin mesin. Banyak para Fan's Berat antar pabrikan adu urat syaraf mengunggulkan fitur yang ada di motornya, ada yang mengunggulkan motornya karena telah memakai Radiator, Oil Cooler dan ada juga yang tetap percaya diri dengan keunggulan sirip pendingin sebagai salah satu media pendingin mesin yang tidak ribetkan sang empunya motor.

Sebenarnya media pendingin mesin itu ditujukan agar panas mesin tetap terjaga pada toleransi panas yang telah ditentukan pabrik pembuat motor. Apabila mesin terlalu panas tidak akan baik terutama pada komponen mesin yang mengakibatkan pemuaian komponen yang berlebihan. Sebaliknya jika pendinginan mesin berlebihan, maka mesin motor sulit mencapai suhu optimal mesin, maka pembakaran didalam mesin motor tidak akan sempurna.

Ayo kita bahas satu persatu agar tidak salah paham..

1. Radiator
Radiator sangat cocok bagi mesin yang berkapasitas mesin besar, ini karena pendinginan mesin benar - benar terjaga. Pendinginan mesin bisa optimal apabila ada transfer panas dari kisi - kisi radiator baik dari hembusan angin atau bantuan kipas pendingin. Untuk mesin yang memiliki kapasitas mesin kecil, pendinginan sistem radiator kurang menguntungkan, karena radiator memerlukan pompa untuk sirkulasi air pendingin yang mau tidak mau menurunkan tenaga mesin meskipun kecil.


2. Oil Cooler
Oil Cooler adalah media pendingin mesin yang bisa dikatakan lumayan kompak dan tidak ribet. Selain cuma mengandalkan pompa oli bawaan motor untuk memompa oli ke kisi - kisi oil cooler, keuntungan lainnya jika ada kebocoran paking silinder yang mengakibatkan menyelinapnya oli ke ruang bakar, paling tidak cuma berakibat timbul asap di knalpot karena oli ikut terbakar.


3. Sirip Pendingin
Sirip pendingin adalah media pendingin mesin yang paling bebas perawatan. Kekurangan dari pendinginan sistem sirip adalah membutuhkan tempat yang besar, sehingga kurang cocok dengan mesin motor dengan 2 silinder keatas