Strategi sapu bersih Honda


Saat ini mbah mau berbicara tentang strategi sapu bersih pabrikan Honda yang terkenal mempunyai dana promosi tanpa batas. Mungkin cucu mbah pernah ingat bagaimana pabrikan Yamaha pernah mendahului penjualan sang raksasa otomotif Roda 2 di Indonesia. Cuma bermodalkan motor Mio dan Vixion, Yamaha sempat membuat kalang kabut penjualan Honda saat itu. Tapi dengan cerdiknya pabrikan Honda membuat motor matic irit (katanya) yaitu Honda Beat dengan fitur lebih wah, promosi gencar dan harga yang kopetitif. Dan akhirnya Yamaha Mio penjualannya anjlok dan pasar motor matic dikuasai pabrikan Honda.

Lalu bagaimana dengan Vixion yang rencananya akan ditaklukan dengan kemunculan si Tralis CB150R. Vixion masih tertolong karena perubahan bodi pada NVL yang mempunyai bodi lebih keren dan banyaknya masalah yang terjadi pada mesin dan rangka Honda CB150R. Mulai dari mesin klotok-klotok sampai las - lasan swing arm lepas. Tapi Honda kembali menebar ancaman kepada Yamaha New Vixion Light dengan akan dilaunchingnya Honda New CB150R yang bodinya mirip sekali dengan Yamaha NVL 150. Apakah Honda akan berhasil merebut dan mengusai pasar motorsport 150cc dari tangan Yamaha, kita tunggu saja Agustus 2015 nanti.

Selain pasar motorsport 150cc yang dibidik Honda adalah pasar bebek underbone 150 yang saat ini dikuasai oleh pabrikan Suzuki dengan Satria Fu. Bulan Agustus besok Honda juga akan mengeluarkan motor yang digadang - gadang sebagai "Satria Killer" yaitu Honda Sonic 150 yang mempunyai fitur lengkap dan mesin turunan dari Honda CB150R. Jika diperhatikan fitur dari Honda Sonic 150 hampir mirip dengan fitur Satria injeksi yang pernah dibocorkan oleh blogger kondang TMCBlog, fitur tersebut antara lain Lampu depan dan belakang memakai LED dan Speedometer Full LCD. Apakah Suzuki akan tinggal diam, kapankah Satria injeksi akan di munculkan, berhasilkah Honda membunuh Satria dengan Sonic150-nya, kita tunggu saja reaksi pasar karena bodi yang di contek oleh Honda adalah Satria Fu lama dan Satria injeksi akan mempunyai bodi yang benar - benar baru dan ukurannya juga lebih besar dan lebih gagah dari Satria Fu yang saat ini dipasarkan.

Mengapa Honda sangat berambisi untuk mengalahkan lawan-lawannya.?
Prediksi Mbah adalah Honda ketakutan dan jangan sampai terjadi lagi penjualannya didahului oleh pabrikan lain. Oleh sebab itu Honda mempunyai strategi memproduksi motor kaya fitur dengan harga semurah mungkin atau sebanding dengan motor kompetitor. Akhirnya pasar memilih motor yang kaya fitur yaitu Honda meskipun menurut si Mbah fitur - fitur tersebut malah merepotkan dengan sedikit mengorbankan akan kwalitas motornya. Mengapa si Mbah berkata demikian, karena kalau tidak mengorbankan kwalitas motor dan lulus uji, tidak mungkin Honda CB150R timbul banyak masalah. Nah sekarang yang dibidik adalah motor penguasa pasar seperti Yamaha NVL dan Suzuki Satria Fu, untuk kelanjutannya kita tunggu saja.

Mungkin itu saja ulasan mbah malam ini, karena sudah malam dan si mbok sudah panggil-panggil untuk ditemani, sambung besok ya cucu - cucu si mbah yang ganteng dan cantik..