Tren ini timbul karena banyaknya loyalis Suzuki yang tidak terima jika produk pabrikan Suzuki dikatakan jelek, cacat atau tidak laku. Bisa dipastikan tread atau artikel yang sengaja atau tidak sengaja menjelekkan pabrikan Suzuki akan menuai visitor blog yang banyak. Di tambah lagi admin blog tersebut kurang menguasai tentang pengetahuan mesin motor Suzuki, makin ramai saja para loyalis Suzuki yang nimrung untuk membully adminnya.
Karena ciri kekompakan para loyalis Suzuki yang saling colak - colek antar teman jika ada artikel yang menjelekkan Suzuki, hal inilah yang dijadikan target utama para media atau blogger pencari visitor blog. Tetapi akhir - akhir ini loyalis Suzuki sudah mulai pintar dan mengubah cara meng-counter serangan pada Suzuki. Mereka rata - rata mengcounter lewat fan's page facebook media atau blog yang menjelekkan produk pabrikan Suzuki tanpa membuka tautan atau link blog yang dimaksud, dan akhirnya media atau blog pemburu visitor cuma bisa gigit jari.