Salam Amplop, setelah simbah membaca - baca tentang teknologi 2 busi dalam 1 silinder yang simbah baca di internet, ternyata teknologi ini bukan teknologi baru. Teknologi ini sudah lama digunakan sekitar pada tahun 1914, dan maksud penggunaan teknologi 2 busi ini awalnya bertujuan agar mesin mobil yang saat itu tidak lolos dalam uji emisi gas buang karena pembakarannya tidak sempurna, akhirnya pembakarannya sempurna.
Jadi tujuan dari penggunaan 2 busi ataupun 3 busi dalam 1 silinder adalah untuk menyempurnakan pembakaran di ruang bakar mesin menjadi sempurna. Campuran bahan bakar dan udara yang terhisap keruang bakar akan dibakar habis oleh 2-3 busi tadi. Efek dari penyempurnaan pembakaran yang dibakar tuntas oleh 2-3 busi mengakibatkan tenaga motor menjadi meningkat dan emisi gas buangnya juga lebih ramah lingkungan karena campuran bahan bakar dan udara terbakar habis.
Motor yang terkenal menggunakan 2 atau 3 busi dalam satu silinder adalah motor - motor keluaran negeri India, seperti Bajaj Pulsar series sampai Pulsar 200NS yang sempat dimasukkan oleh Kawasaki Indonesia. Nah jangan terkecoh dengan teknologi jadul dengan kemasan baru, karena hal ini sering digunakan pabrikan motor dalam mempromosikan motor dagangannya.