Ternyata teknologi Blue Core Yamaha contek motor Honda

Waroenk-Otomotif, Akhir-akhir ini Yamaha Indonesia selalu mempromosikan tentang teknologi Blue core yang dipercaya dapat meningkatkan tenaga mesin motor. Ternyata saya mendapatkan informasi dari fan's page TRM yang menyebutkan bahwa teknologi Blue core Yamaha ternyata mencotek teknologi Honda. Setelah saya kejar berita tersebut ternyata benar, dan apa yang dimaksud dengan teknologi blue core yang selalu dipromosikan Yamaha.


Menurut blog Vietnam yang di link-kan oleh TRM, yang dimaksud teknlogi Yamaha BLUE CORE yaitu menggeser offset posisi big end crank shaft beberapa mm. Teknologi penggeseran offset ini di motor Honda mulai diterapkan sejak Honda Kharisma dan Honda Kirana. Berarti teknologi Blue core Yamaha adalah teknologi lama yang telah diaplikasi Honda.


Kalau begitu sama saja dengan kasus Yamaha contek teknologi Yamaha Ram Air Cooling System yang ada pada Byson yang mencontek teknologi lama Ram Air System pada Suzuki GT-185. Ya, emangnya Yamaha tidak ada teknologi baru ya, kok semuanya contek teknologi lama pabrikan lain.

Suzuki GT185

Yamaha Byson