Ground Strap tidak memperbesar Pengapian


Saat ini pengendara roda dua lagi tren mengaplikasi Ground Strap atau melilitkan kawat tembaga pada kabel busi yang dihubungkan langsung dengan bodi motor. Maksud dan tujuannya pemasangan Ground Strap adalah agar meredam frekwensi tinggi yang dihasilkan koil. Tetapi menurut saya pemasangan ground strap tidak berpengaruh dengan performa motor, mungkin yang merasa power motornya naik itu perasaan yang punya motor saja.

Menurut hasil sharing saya dengan mekanik langganan saya, Groud Strap lebih cocok dan fungsinya lebih mengena untuk motor yang menggunakan injeksi bahan bakar (Fuel injection). Menurut mekanik saya fungsi Ground Strap pada motor injeksi untuk mengurangi gangguan pada sensor-sensor injeksi dan ECM, apalagi busi yang digunakan pakai yang tipe R alias yang ada resistornya, semakin bebas gangguan tuh motor injeksi.

Kesimpulan hasil sharing saya dengan sang mekanik adalah, jika memang dengan penggunaan Ground Strap dapat meningkatkan performa motor, pabrikan pasti akan lebih dulu merancang kabel busi yang dilengkapi Ground Strap. Jika efeknya hanya kecil sekali dan tidak sebanding dengan biaya yang dikeluarkan, ngapain juga pakai Ground Strap..