Tips Membersihkan Karat dan Noda Knalpot


Waroenk Otomotif, Bagian motor yang paling rawan diserang kotoran adalah leher knalpot, ini disebabkan posisinya yang berada di belakang ban depan untuk motor underbone dan sport dan di depan ban belakang untuk motor matic.  Kadang juga knalpot motor kotor karena lelehan alas sepatu atau sol sepatu dari boncenger yang kadang sepatunya secara tidak sengaja menempel di silencer knalpot. Untuk tahapan pembersihannya si mbah beri langkah - langkahnya sebegai berikut :

1. Menghilangkan kerak dan karat pada knalpot
Proses pertama lumasi knalpot yang berkerak dan berkarat dengan oli bekas, biarkan sampai oli mengering terkena panas mesin, lama kelamaan kerak dan karat di knalpot akan rontok. Jika masih tersisa kerak, ulangi lagi pengolesan oli bekas pada knalpot yang berkerak dan berkarat. Jika kerak knalpot sudah mulai mengelupas lakukan langkah kedua yaitu dengan cara membersihkan knalpot dengan cairan pembersih porslen sambil di sikat pakai sikat gigi sampai bersih dan tak bersisa keraknya.


Agar knalpot tidak terserang karat dan kerak lagi, usahakan knalpot di cat kembali memakai cat Hi-temp yang kuat dengan temperatur tinggi.


2. Menghilangkan karat pada knalpot krom
Prosesnya sangat mudah, cucu - cucu sekalian tinggal ambil pasta gigi dirumah, oleskan ke knalpot krom yang terkena karat, tunggu sampai mengering baru di lap sampai bersih sambil ditekan.

3. Menghilangkan noda plastik atau aspal pada knalpot krom
Cara menghilangkan noda plastik atau aspal yang melekat di knalpot terutama knalpot krom caranya sangat mudah. Panaskan knalpot sampai benar benar panas, lalu ambil lap yang berbahan katun murni sambil dibasahi bensin untuk mengelap knalpot yang terkena noda plastik atau aspal. Setelah noda hilang, gosok lagi knalpot dengan lap katun yang kering untuk membersihkan noda bensin yang tertinggal di knalpot.


Jika knalpotnya sudah bening, nantinya akan semulus wanita di foto ini.