Memperbaiki sendiri aki kering yang rusak


Jika dahulu jaman si mbah saat muda punya motor, motor si mbah memakai aki atau accu sistim basah, jadi setiap bulan si mbah dengan rutin menambahkan air aki jika posisi airnya sudah dilevel bawah. Tetapi saat ini motor - motor semua telah menggunakan aki kering atau aki maintenance free alias aki tanpa perawatan. Selain umur aki lebih lama, dan tidak ribet dalam penggunaannya aki kering juga bisa diposisikan miring atau tiduran, dijamin cairan aki tidak akan tumpah. 

Sebenarnya aki kering tidak benar - benar kering, tetapi cairan aki kering berbentuk gel dan setelah gel diisikan pada aki baru lalu aki di tutup rapat. Apakah bisa aki kering diperbaiki atau setidak - tidaknya diperpanjang umurnya.?. 

Beberapa waktu yang lalu si mbah mencoba untuk memperbaiki aki kering (MF) yang telah rusak atau tidak mau menyimpan daya lagi, lalu si mbah buka paksa penutup lubang aki dengan obeng min (-). Setelah lubang pengisian aki terbuka, si mbah menambahkan cairan aki tutup biru (aquades) sampai air terlihat lewat lubang pengisian aki, tapi jangan sampai luber ya..Setelah semua terisi penuh, tutup kembali lubang pengisian aki memakai tutupnya yang awal dengan menambahkan lem pvc disekeliling penutup aki. Ini bertujuan agar cairan aki tidak tumpah keluar.

Setelah dipasang lagi di motor si mbah ternyata elektrik starter motor bisa kembali normal dan aki hasil perbaikan si mbah sudah bertahan 3 bulan lamanya, dan masih tokcer. Tidak ada salahnya di coba dirumah, jika gagal pun kita wajib ganti aki baru untuk motor kita, karena aki yang kita pakai buat praktek adalah aki rusak.

Selamat mencoba..