Suzuki Indonesia Pelopor Fitur dan Teknologi Canggih


Salam Amplop, Jika saat ini motor - motor keluaran terbaru yang memiliki banyak fitur canggih adalah motor keluaran pabrikan Honda Indonesia, lain halnya pada tahun 2000an. Pada tahun era milenium pabrikan Suzuki Indonesialah yang menjejali motornya dengan fitur - fitur canggih dan teknologi yang mendahului jamannya. Apa saja mbah fitur-fitur dan teknologi canggih yang dimiliki motor - motor Suzuki saat itu..??

1. Panel Speedometer Digital (FXR150)
Pertama kali speedometer digital diperkenalkan di Indonesia oleh Suzuki lewat produknya Suzuki FXR150 yang keluar pertama kali tahun 1997, speedometer ini memakai LCD sehingga tidak lagi memakai penunjuk jarum seperti speedometer konvensional. Nah, pada motor - motor baru saat ini banyak sekali yang sudah mengaplikasi panel speedometer dan RPM digital.


2. Motor bebek pakai RPM (Satria 120 LSCM)
Motor bebek yang dilengkapi dengan penunjuk putaran mesin atau RPM adalah Suzuki Satria R120 LSCM atau sering juga disebut dengan Satria Hiu. Motor ini sempat di masukkan oleh Suzuki Indonesia pada tahun 2003 sampai 2005 dari Suzuki Lion Malaysia. Dan motor ini sangat disukai oleh kalangan anak muda karena bodinya yang tidak kalah dengan motor keluaran saat ini.


3. Motor bebek pakai kopling sport (manual) (Satria 120 R)
Pada tahun 2000, Suzuki Indonesia memproduksi motor bebeksport Suzuki Satria R120 dengan kopling manual asli (sport). Selain memakai kopling sport asli (bukan jedek), Satria 120 R juga dilengkapi dengan transmisi sport 6 percepatan (1-N-2-3-4-5-6). Jadi motor ini benar - benar sangat spesial untuk kelas bebek saat itu.

4. Motor bebek bermesin tegak (Satria 120 S)
Pada tahun 1997 disaat pabrikan lain masih bermain motor bebek bermesin Horizontal, Suzuki Indonesia sudah menggebrak dengan memproduksi motor bebek dengan mesin  tegak 120cc dengan 5 percepatan (N-1-2-3-4-5)

5. Motor Ayam Jago bermesin DOHC (Raider 125)
Disaat motor - motor Thailand menyerang Indonesia, Suzuki Indonesia tidak mau ketinggalan dengan memasukkan Suzuki Raider 125 yang memakai mesin tegak dengan teknologi 2 noken-as. Padahal saat itu pesaing dekatnya yaitu Honda Sonic 125 saja bermesin tegak cuma 1 noken-as, itupun Sonic 125 masuk lewat jalur importir umum. Dan saat ini motor dengan model ayam jago menjadi andalan Suzuki Indonesia


6. Motor dengan kunci pengaman bermagnet (Shogun 125)
Pada tahun 2003 Suzuki Indonesia menaikkan kasta Shogun yang awalnya dikelas 110 menjadi 125cc, awalnya mengikuti Honda yang melepas Honda Kharisma 125 ke pasar Indonesia. Disaat itulah Suzuki menyematkan Kunci kontak berpengaman magnet pada Shogun 125 dan tidak lama kemudian disusul dengan Supra 125 karena dirasa penjualan Honda Kharisma kurang menggigit.


7. Motor Bagasi luas (Skywave 125)
Pada tahun 2007 disaat motor matic mulai naik daun Suzuki memperkenalkan Suzuki Skywave 125 yang mempunyai bagasi luas di bawah joknya. Awalnya banyak yang mencemooh motor ini karena dianggap bagasi motornya terlalu besar. Tapi akhir - akhir ini banyak motor pabrikan lain yang mengikuti jejak Suzuki dengan membuat motor yang mempunyai bagasi luas, terutama Honda yang menyebutnya dengan helm-in.


8. Lampu Rem LED (New Shogun 125)
Tahun 2008 Suzuki memberikan penyegaran pada motor Shogunnya dengan titel "Gak Cuma Ganti Baju", Suzuki merombak habis tampilan Shogun 125 dengan desain bodi baru yang serba kotak dan mesin baru yang dilengkapi dengan balance engine. Nah pada New Shogun 125 inilah lampu LED mulai diperkenalkan dan di pasang pada lampu belakang New Shogun 125. Pertimbangan Suzuki saat itu dengan menggunakan LED konsumsi daya listrik motor lebih hemat dan umur LED lebih lama daripada bohlam.


9. Silinder tahan gores SCEM (Satria FU, Spin125, Skydrive125, Skywave125, Hayate125)
Suzuki memperkenalkan pengerasan silinder langsung sejak tahun 2004 lewat Satria Fu150, lalu diteruskan oleh generasi skuter matic Suzuki. Pengerasan silinder pada silinder motor Suzuki lebih dikenal dengan SCEM Suzuki Composite Electrochemical Material, teknologi ini diambil dari motor besar Suzuki. Keuntungan dari teknologi SCEM adalah transfer panas mesin (ruang bakar) lebih cepat karena silinder terbuat dari bahan yang sama dengan sirip pendingin (almunium), berat silinder jauh lebih ringan jika dibandingkan silinder yang memakai selonsong besi, dan banyak lagi keunggulan lainnya dari silinder SCEM dan sekarang Yamaha juga aplikasi silinder tahan gores dengan nama Diasil.


10. Kunci Jok menyatu dengan kunci kontak (Skywave125, New Shogun125)
Fitur yang simbah anggap paling berguna adalah kunci kontak menyatu dengan kunci jok, sangat berguna karena si mbah sering lupa memindahkan kunci kontak saat setelah isi bensin. Jadi saat itu simbah terbantu banget dengan adanya fitur ini, tinggal angkat pantat sedikit terbuka joknya.