Dan darisanalah ketidak netralan seorang bloger patut dipertanyakan. Selain mendapatkan artikel pesanan pabrikan, kadang juga seorang bloger melakukan kampanye hitam atau Black Campaign untuk menjatuhkan pabrikan lain dan mengambil hati pada pabrikan yang memasang baner iklan diblognya. Menurut si mbah kampanye hitam atau black campaign sangat berbeda dengan penyampaian fakta dan kritikan. Untuk lebih jelasnya si mbah langsung bertanya ke bos si mbah di dealer yang mulai sejak muda telah hidup di dunia otomotif (orang tuanya pemilik diler motor).
Black Campaign atau kampanye hitam adalah seseorang menyampaikan sesuatu hal tanpa di dasari bukti data yang akurat dan terkesan menjatuhkan pihak lain. Dan biasanya setelah didesak lebih lanjut ujung-ujungnya adalah opini pribadi.
![]() |
Contoh Black Campaign |
Penyampaian Fakta adalah seseorang yang menyampaikan berita yang sesuai dengan keadaan yang ada dan sebenarnya tanpa bermaksud menjatuhkan atau mengunggulkan salah satu pihak dengan lainnya. Dan hal ini yang masih memegang penyampaian informasi sesuai data dan fakta adalah media - media yang masih memegang teguh arti kata profesionalisme.
Kritikan adalah seseorang atau media atau bloger yang mengkritik suatu pabrikan tetapi disertai dengan jalan keluarnya, contohnya : bloger mengkritik tentang desain suatu motor yang menurut dia jelek, dan kritikan itu harus diberikan jalan keluarnya. contoh lain adalah suatu mesin motor yang mengalami cacat produksi, maka blogger tersebut harus menunjukkan komponen apa yang harus di klaim ke bengkel resmi pabrikan motor tersebut.
Mungkin ini saja pencerahan yang si mbah dapatkan dari bos diler si mbah yang bisa si mbah tularkan ke cucu - cucu sekalian.
Mungkin ini saja pencerahan yang si mbah dapatkan dari bos diler si mbah yang bisa si mbah tularkan ke cucu - cucu sekalian.