Ukuran Spuyer Main Jet atau Pilot Jet Motor Yamaha

Salam amplop, terkadang  saat kita membeli motor bekas tanpa bisa mengetahui keadaan jeroan mesin dan komponen yang ada di dalamnya. Kadang pula kita mendapatkan motor bekas yang telah di korek harian oleh pemilik lamanya, dan rata - rata untuk korek harian biasanya yang jadi sasaran pertama adalah memperbesar spuyer karburator agar suplai bahan bakar lebih banyak.

Lalu bagaimana jika kita ingin mengembalikan spuyer motor kita agar kembali normal seperti standar pabrikan. Nih si mbah tadi pagi diberi daftar ukuran spuyer motor - motor jadul Yamaha oleh mekanik bengkel tempat si mbah bekerja..

Ukuran Pilot jet dan Main jet Motor Yamaha (spuyer) 

Motor 2 tak
V80 = 15/85 
F1ZR = 17.5/130 
RX S = 22.5/120 
RX Z = 22.5/220 RX King = 22.5/150 
RX King New = 27.5/150 
TZM 150 = 32.5/210 Pilot jet dan main jet (spuyer) 

Motor 4 tak
Crypton = 15/90 
Vega = 15/90 
New Vega R = 17.5/105 
Vega ZR = 17.5/102.5 Vega RR = 17.5/100 
Jupiter = 15/90 
Jupiter Z = 17.5/105 
New Jupiter Z = 17.5/100 
Jupiter MX (vakum) = 15/105 
Jupiter MX (konvensional) = 20/103.8 (105) 
Mio (Keihin) = 38/108 
Mio (Mikuni) = 17.5/105 
Nouvo = 17.5/102.5 
Nouvo Z = 20/98.8 (100) 
Fino = 38/108 Xeon = 12.5/111.3 (112.5) 
Lexam = 15/120 
Byson = 15/112.5 
Scorpio 2001 = 17.5/112.5 | 55 
Scorpio 2004 = 17.5/110 | 65 
Scorpio 2006 = 17.5/110| 90