Salam amplop, terkadang saat kita membeli motor bekas tanpa bisa mengetahui keadaan jeroan mesin dan komponen yang ada di dalamnya. Kadang pula kita mendapatkan motor bekas yang telah di korek harian oleh pemilik lamanya, dan rata - rata untuk korek harian biasanya yang jadi sasaran pertama adalah memperbesar spuyer karburator agar suplai bahan bakar lebih banyak.
Lalu bagaimana jika kita ingin mengembalikan spuyer motor kita agar kembali normal seperti standar pabrikan. Nih si mbah tadi pagi diberi daftar ukuran spuyer motor - motor jadul Yamaha oleh mekanik bengkel tempat si mbah bekerja..
Ukuran Pilot jet dan Main jet Motor Yamaha (spuyer)
Motor 2 tak:
V80 = 15/85
F1ZR = 17.5/130
RX S = 22.5/120
RX Z = 22.5/220 RX King = 22.5/150
RX King New = 27.5/150
TZM 150 = 32.5/210 Pilot jet dan main jet (spuyer)
Motor 4 tak:
Crypton = 15/90
Vega = 15/90
New Vega R = 17.5/105
Vega ZR = 17.5/102.5 Vega RR = 17.5/100
Jupiter = 15/90
Jupiter Z = 17.5/105
New Jupiter Z = 17.5/100
Jupiter MX (vakum) = 15/105
Jupiter MX (konvensional) = 20/103.8 (105)
Mio (Keihin) = 38/108
Mio (Mikuni) = 17.5/105
Nouvo = 17.5/102.5
Nouvo Z = 20/98.8 (100)
Fino = 38/108 Xeon = 12.5/111.3 (112.5)
Lexam = 15/120
Byson = 15/112.5
Scorpio 2001 = 17.5/112.5 | 55
Scorpio 2004 = 17.5/110 | 65
Scorpio 2006 = 17.5/110| 90