Cara Tingkatkan Kompresi Untuk Motor Standar


Waroenk Otomotif, Banyak sekali cara memodifikasi motor agar lebih bertenaga salah satu caranya adalah dengan cara meningkatkan kompresi mesin. Bagaimanakah cara meningkatkan kompresi mesin secara mudah dan tidak memerlukan modifikasi mesin secara berlebihan, dan motor bisa dikembalikan lagi dalam kondisi standar pabrik atau sedia kala. Ada tiga langkah yang dapat ditempuh jika menginginkan naiknya kompresi mesin tanpa bantuan tukang bubut, dan jika ada mengerti soal bongkar pasang mesin, langkah - langkah ini bisa anda kerjakan sendiri di rumah. Selanjutnya bisa ikuti langkah - langkah si mbah berikut ini.

1. Ganti paking bawah silinder dengan ukuran yang lebih tipis, paking pengganti yang lebih tipis ini bisa anda beli di toko suku cadang biasanya dalam bentuk gulungan atau lembaran. Silahkan cucu - cucu sekalian gunakan paking asli sebagai mal untuk membuat paking baru. Efek dari penggantian paking yang lebih tipis pada blok silinder adalah posisi piston sedikit agak naik di bandingkan dengan menggunakan paking standar pabrik.

2. Ganti paking silinder head atau silinder kop dengan yang lebih tipis. Pengurangan ketebalan paking silinder head biasanya dengan cara mengurangi lapisan paking silinder head yang biasanya ada beberapa lapis. Tujuan menipiskan paking standar silinder head adalah untuk menyempitkan volume ruang bakar, sehingga kompresi mesin naik.

3. Ganti ring busi dengan yang bekas. Ring busi baru cenderung lebih tebal dari ring busi yang telah lama digunakan. Dengan penggunaaan ring busi bekas yang telah pipih, maka posisi busi akan lebih masuk ke dalam sehingga ruang kompresi bakar mesin semakin sempit. Keuntungan lainnya adalah karena posisi busi semakin masuk, maka api busi semakin cepat untuk membakar tuntas campuran bahan bakar dan udara.

Cukup tiga langkah ini yang harus cucu - cucu si mbah lakukan agar kompresi mesin naik. Tidak perlu scrap silinder head segala jika motor cuma di gunakan untuk keperluan sehari - hari saja.