Teknologi Honda Sonic 150 R daur ulang dari Sonic 125 atau bebek Honda..??


Waroenk Otomotif, Pagi ini si mbah mau ngorek mesin Honda Sonic 150 R yang katanya terbukti kencang (kata bloger pesanan). Setelah si mbah bedah ternyata mesin dari Honda Sonic 150 R cuma mesin daur ulang dari sang pendahulunya Honda Sonic 150 RS maupun CS-1. Coba cucu lihat gearshift nya tidak berubah seperti motor bebek Honda yang lama masih pakai pengait.

Per kopling Honda Sonic 150 R juga tetap memakai 4 per penekan kopling seperti halnya pada motor bebek Honda yang lainnya. Beda dengan motor ayam jago milik pabrikan Suzuki yang sudah memakai 5 per kopling sebagai penekan, dan kampas kopling Satria F 150 lebih besar dari miliknya Honda Sonic 150 R.

Silinder Honda Sonic 150 R masih pakai liner besi, sangat ketinggalan jauh dengan kompetitornya yang sudah memakai silinder tahan gores DiASil pada Yamaha dan SCEM pada SUZUKI.

Rem depan Honda Sonic juga menganut sistem lama di sport Yamaha dan di motor bebek Yamaha, cuma memakai 1 piston. Berbeda dengan ayago Suzuki yang membekali sistem pengeremannya dengan 2 piston. Padahal perbandingan pengereman pada motor adalah 70% dibagian depan dan 30% dibagian belakang.


Yang lucu lagi menurut si mbah adalah, pemindahan sensor O2 yang sebelumnya di motor - motor Honda berada di silinder kop sekarang dipindah ke knalpot ikut - ikutan Yamaha dan Suzuki. Dan yang bikin lucu lagi adalah stut kopling Honda Sonic 150 R masih memakai stut penekan setengah bulan. Padahal sistem stut model setengah bulan sudah banyak ditinggalkan dan beralih ke sistem rack and pinion seperti punya Satria F 150.

" Mesin Bebek kok Ngaku Sport "
Ibarat kata, cuma ditambah cc doang dan DOHC saja, apalagi DOHC nya masih pakai jembatan temlar.